Kejurnas Terakbar Siap Digelar di Pangkal Pinang

Konferensi Pers Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung
Konferensi Pers Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
Nasional ‐ Created by AH

Perhelatan akbar, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung siap digelar mulai besok Selasa, 28 November hingga Sabtu, 2 Desember mendatang. GOR Sahabudin dan GOR Kacang Pedang yang berada di kota Pankal Pinang, menjadi dua arena yang akan menjadi saksi bisu persaingan elit bulutangkis nasional untuk menjadi yang terbaik. Ini pun menjadi kali pertama bagi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah Kejurnas.

Memilih kepulauan Bangka Belitung jadi tuan rumah untuk pertama kalinya ialah dengan tujuan awal kami, yaitu dengan memberikan kesempatan bagi daerah-daerah menjadi tuan rumah Kejurnas. Dan niat kami ini disambut dengan baik oleh pihak Bangka Belitung sendiri. Dan mudah-mudahan ini menjadi awal untuk terselenggaranya kembali turnamen bulutangkis yang levelnya lebih tinggi di pulau ini. Secara fasilitas, khususnya di Pangkal Pinang ini mempunyai gedung yang bagus dan sudah memungkinkan untuk digelarnya turnamen ini,” papar Achmad Budiharto, selaku Sekertaris Jendral, PP PBSI dalam acara konferensi pers siang tadi, Senin (27/11) di Hotel Novotel, Pangkal Pinang.

Tak hanya itu, Budiharto juga menyampaikan jika Kejurnas tahun ini membuat rekor baru dan menjadi Kejurnas terakbar sepanjang sejarah. Pasalanya, Kejurnas kali ini diikuti oleh 29 Provinsi ditambah Pelatnas, dan berjumlah 445 peserta dari total dua divisi yang bakal dipertandingkan.

Kejurnas tahun ini membuat beberapa rekor. Yang pertama baru kali ini Kejurnas diikuti oleh total 29 provinsi dan tim dari Pelatnas. Yang kedua, tim Pelatnas pun mengirim sebanyak 59 atlet. Dan saya patut katakan jika kali ini merupakan Kejurnas paling akbar sepanjang sejarah,” ungkapnya.

Terimakasih kepada Gubernur dan jajarannya, juga sponsor Blibli.com dan yang lainnya yang telah mendukung untuk memungkinkan Kejurnas kali ini bisa berjalan dengan baik,” jelas Budiharto.

Meski nama-nama besar seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dipastikan tidak bisa ambil bagian karena akan bertanding di Dubai World Superseries Finals 2017, Desember mendatang. Dan juga beberapa atlet yang turun di Korea Masters 2017 juga absen bertanding di Kejurnas PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, namun tak perlu khawatir karena beberapa atlet top tanah air lainnya sudah dipastikan bakal ambail bagian di Kejurnas kali ini.

Karea nama-nama seperti Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Angga Pratama hingga Greysia Polii dipastikan ambil bagian dalam turnamen yang menyediakan total hadiah sebesar 350 juta rupiah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, juara Kejurnas tahun ini tidak mutlak masuk ke Pelatnas PBSI Cipayung. Namun hasil dari turnamen ini akan menjadi salah satu penilaian untuk program promosi dan degradasi.

Kejurnas PBSI 2017 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan memainkan kategori perorangan dan dibagi ke dalam dua divisi, yaitu divisi satu dan divisi dua. Setiap divisi kemudian akan dibagi menjadi dua kelompok usia, dewasa dan taruna.

Setiap tahunnya, Kejurnas secara berseling mempertandingkan nomor perorangan dan beregu. Tahun lalu, Blibli.com Kejurnas PBSI 2016 mempertandingkan nomor beregu. Pada laga yang berlangsung di GOR Sritex, Solo, Jawa Tengah tersebut, klub Djarum Kudus tampil sebagai juara.