Acara Perpisahan "Minions" Digelar di Indonesia Open 2024

Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra, nomor yang selalu menjadi andalan Indonesia di berbagai turnamen bulu tangkis internasional, kehilangan dua pemain andalannya. Kevin Sanjaya Sukamuljo memutuskan mengikuti jejak partnernya, Marcus Fernaldi Gideon, mundur dari dunia bulu tangkis. Penggemar bulu tangkis pun tak akan melihat lagi gaya permainan cepat yang membuat Kevin/Marcus dijuluki "Minions", karakter animasi yang kecil, tetapi selalu bergerak lincah.

Pengumuman terkait Kevin pamit dari pelatnas PP PBSI disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja pada Kamis (16/5). "Ricky, mantan atlet ganda putra Indonesia, mengatakan, pihaknya akan mengadakan acara perpisahan Kevin/Marcus untuk penggemar di sela-sela turnamen Indonesia Terbuka 2024 di Istora Senayan, Jakarta, 4-9 Juni. Acara perpisahan itu menurut rencana digelar sebelum pertandingan final," Kompas melaporkan pada Jumat (17/5).

Tak lama seusai pengumuman tersebut, Kevin pun mengonfirmasi pamit dari dunia bulu tangkis melalui jejaring sosial Instagram. Dalam unggahannya menceritakan kebahagiaannya saat terjun ke dunia bulu tangkis dan meniti karier profesional bersama Marcus, yang sudah mengumumkan pensiun terlebih dahulu pada 9 Maret 2024.

Media harian tersebut mencatat, sejak 2022, turnamen yang mereka ikuti mulai berkurang, hasilnya pun menurun. Marcus harus menjalani operasi tumit kiri. Kevin pun sebenarnya tidak lepas dari cedera, seperti penuturannya, ia mengalami cedera bahu sejak 2017.

Saat Marcus belum bisa kembali berlaga, Kevin dipasangkan dengan pemain muda, Rahmat Hidayat, pada November 2023. Namun, skenario itu tidak berjalan lama karena kedua atlet itu merupakan pemain depan. Marcus juga sempat berpasangan dengan pemain lainnya yang merupakan pasangan dari Rahmat, yaitu Muhammad Rayhan Nur Faillah, pada akhir 2023.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisadi bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya," tutur Kevin.

"Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya," tulis Kevin, yang menikah dengan Valencia Tanoesoedibjo pada Maret 2023.