Peringkat Pemain - Dejan/Gloria Teratas

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja kini tercatat sebagai ganda campuran nomor satu Indonesia. Posisi pasangan non-pelatnas tersebut berada di atas ganda campuran "Merah Putih" lainnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, pada peringkat dunia pemain yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Memasuki pekan ke-50, pasangan non-pelatnas Dejan/Gloria naik dua posisi dan berada di peringkat 16 BWF dengan perolehan 57.386 poin. Rinov/Pitha turun dua posisi dan menghuni peringkat 18 kemudian disusul Rehan/Lisa yang naik poisi di peringkat 19.

Pada awal Desember 2023, Dejan/Gloria berhasil menjuarai Syed Modi India International 2023 setelah melalui laga final dramatis dengan rubber game 20-22, 21-19, 25-23. Pada partai puncak yang berlangsung di BBD U.P. Badminton Academy, Lucknow, India, Minggu (3/12), Dejan/Gloria menang atas Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo asal Jepang, setelah berjuang selama 95 menit.

Kemenangan ini sekaligus menambah keunggulan catatan pertemuan Dejan/Gloria menjadi 3-1 atas Kaneko/Matsutomo.

Dejan pun meluapkan rasa lega seusai merebut kemenangan dan keluar sebagai juara turnamen level BWF World Tour Super 300 itu. "Saya sama Kak Glo di tahun ini perjalanannya cukup sulit. Di babak kedua, kita kadang ketemu langsung dengan seeded-seeded (para pasangan unggulan). Jadi untuk melewati itu memang sulit. Namun, di India ini, Alhamdulillah, puji syukur kita dapat juara. Jadi, rasanya plong," papar Dejan kepada Djarum Badminton.

"Satu tahun ini kita latihan sudah bagus, tapi di momentumnya aja yang belum dapat. Jadi ketika sudah juara, ya rasanya lega. Ini mudah-mudahan jadi jalan pembuka buat kita," jelas atlet asal Garut, Jawa Barat itu.

Sementara, pasangan non-pelatnas lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tetap di posisi 27. Begitu pun dengan pasangan pelatnas Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang posisinya tak bergerak di peringkat 40.