Kejuaraan Dunia Junior 2023 - Tiga Wakil Indonesia Tembus Semifinal

Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Humas PP PBSI)
Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Spokane | Para Pebulu tangkis muda Indonesia berhasil merebut tiket ke babak empat besar nomor perorangan BWF World Junior Championships 2023. Ada tiga wakil "Merah Putih" yang terus berusaha menjaga harapan menuju podium juara. Dari lima wakil yang turun bertanding pada babak delapan besar kejuaraan yang digelar di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Jumat (6/10), tiga di antaranya sukses merebut kemenangan dan melaju ke semifinal.

Ganda campuran unggulan ke-12 Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai (Jojo/Elsa) maju ke semifinal berkat kemenangan atas pasangan Jepang, Kenta Matsukawa/Nao Yamakita, dengan skor identik, 21-13, 21-13 dalam tempo 27 menit. "Hari ini kami bisa bermain lebih lepas, tenang, dan bermain lebih bersih," tutur Elsa melalui siaran pers Humas PP PBSI, Sabtu (7/10) pagi WIB.

"Kami bermain lebih lepas, dan tidak buru-buru dibanding pertandingan kemarin," tambah Jojo.

Di babak empat besar, Jojo/Elsa akan melawan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han asal China. Pemain asal "Negeri Tirai Bambu" ini pernah mengalahkan Jojo/Elsa di final beregu dengan skor 21-19, 21-14. "Untuk pertandingan besok, kami lebih fokus. Melihat video rekaman pertandingan. Apalagi kami sempat kalah di beregu. Tentu kami tidak mau mengulangi kesalahan yang sama," kata Elsa.

"Tetapi pertandingan beregu dan perseorangan itu bebannya berbeda. Kami ingin main untuk diri sendiri dan main lepas dulu," tambahnya.

Tren kemenangan Jojo/Elsa tak diikuti kompatriotnya, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Mereka kalah dari unggulan keempat asal Malaysia, Low Han Chen/Chong Jie Yu, 18-21, 16-21.

Selain Jojo/Elsa, Indonesia juga meloloskan tunggal putra Alwi Farhan dan tunggal putri Chiara Marvella Handoyo ke semifinal kejuaraan dunia bergengsi level junior ini. Namun, di nomor ganda putra, Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin juga gagal maju ke semifinal setelah dihentikan pasangan China unggulan keempat, Ma Zhang/Zhu Yi Jun, dengan skor 21-15, 17-21, 14-21.