BAC 2024 - Ganda Putri Tak Tersisa

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose & Eng Hian (Humas PP PBSI)
Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose & Eng Hian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia gagal meloloskan dua wakilnya di nomor ganda putri ke babak kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badmiton Asia Championships (BAC) 2024, setelah Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose mengalami kekalahan di babak pembuka. Sebelumnya, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, juga kandas di babak pertama setelah kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan asal China.

Trias/Rachel gagal memenangi drama tiga gim dari Yeung Nga Ting/Yeung Pui Lam asal Hong Kong. Mereka kalah 21-18, 14-21, 19-21 dalam pertandingan yang berlangsung di Ningbo Olympic Sports Center Gymnasium, Ningbo, China, Rabu (10/4).

Rachel mengakui, mereka dapat mengunci kemenangan di gim pembuka setelah duo Yeung kerap melakukan kesalahan sendiri. "Gim pertama kami bisa bermain nyaman hingga bisa menang. Sayangnya, saat lawan mengubah pola di gim kedua, kami kurang siap dengan perubahan lawan. Kami jadi kurang fokus," papar Rachel kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Nah, saat gim kedua, lawan berubah jadi susah dimatikan. Kami malah kurang sadar dan kurang sabar dalam bermain," Rachel, menambahkan.

Di gim penentu, Rachel menyatakan, ia dan Trias kurang sabar dalam meladeni permainan duo Yeung. Alhasil, lawan dapat meraup poin demi poin di gim ketiga  yang berlangsung ketat tersebut. "Kami tak hanya kurang sabar, tetapi juga tidak taktis dalam bermain," pungkasnya.

Dengan hasil ini, Indonesia tak menyisakan satu pun wakil di sektor ganda putri.