Asian Games 2022 - Ketatnya Persaingan Tunggal Putra

Irwansyah & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Irwansyah & Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia Irwansyah menyoroti pentingnya bagi para atletnya untuk bisa bermain lepas demi melewati sengitnya persaingan di sektor tersebut, terutama di turnamen besar termasuk Asian Games 2022 Hangzhou. Terlebih, selain beregu putra dan ganda putra, nomor tunggal putra juga diandalkan untuk menyumbang medali emas dari ajang multi-cabang yang bergulir pada 23 September hingga 8 October 2023 ini.

"Tunggal putra memang selalu ketat. Kalau menurut saya dari dari (Asian Games) 2018 sampai sekarang ya tetap (ketat), semuanya 50:50," kata Irwansyah saat ditemui di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (20/9).

"Jadi makanya yang saya bilang, paling penting pemain kita ini mereka tidak terlalu memikirkan yang terlalu membebani diri sendiri. Karena yang kita lihat kalau mereka bisa bermain dengan enjoy, juara itu datang buat mereka. Kuncinya, mereka harus enjoy," Irwansyah, menambahkan.

Sementara, terkait persiapan jelang Asian Games ke-19, Irwansyah mengatakan bahwa semuanya sudah berjalan dengan cukup baik. Ia juga menilai, seluruh anak asuhnya memiliki tren performa yang positif, dan sudah siap untuk bertanding di Hangzhou, pekan depan. "Persiapannya semua sudah bagus dan kemarin juga Jonatan bisa jadi juara di Hong Kong. Jadi, memang dari kalau melihat dari performa anak-anak ini kalau menurut saya semuanya sudah siap untuk bertanding di Asian Games," paparnya.

Ketika disinggung target di Asian Games 2022 Hangzhou, Irwansyah tidak memiliki target tertentu. Namun, ia berharap tunggal putra bisa membawa pulang medali, terlepas dari apa pun warnanya, dari pesta olahraga terbesar se-Asia itu. "Mengenai target, pasti kita ingin, mau juara. Tapi dari saya pribadi, yang penting mereka bisa (mendapatkan) medali-medali yang mana saja," kata Irwansyah, mengutip laporan Antara.

"Maka dari itu seperti yang saya bilang, pentingnya mereka nyaman pikirannya dulu, pasti hasilnya bagus. Itu saja," tambahnya.

Mengenai strategi untuk nomor beregu, pelatih mengatakan baik sektor tunggal maupun ganda putra kompak untuk mengumpulkan poin dan meraih kemenangan di Asian Games mendatang. "Kalau menurut saya, yang penting kami berangkat satu tim, tunggal putra dan ganda putra kompak untuk meraih kemenangan. Siapa pun yang diturunkan, pasti mereka memberikan yang terbaik buat nama bangsa dan negara. Jadi kami mohon dukungannya dan doanya," demikian Irwansyah.

Berdasarkan informasi pada Tournament Software, laman yang menyediakan jadwal dan hasil pertandingan, skuad putra "Merah Putih" di nomor beregu Asian Games 2022 adalah Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Anthony Sinisuka Ginting, Rehan Naufal Kusharjanto, Daniel Marthin, Shesar Hiren Rhustavito, dan Rinov Rivaldy

Seusai nomor beregu, cabang olahraga bulu tangkis kemudian mempertandingkan nomor perorangan pada 2-7 Oktober. Tim bulu tangkis Indonesia akan diperkuat 10 pemain putra dan 10 pemain putri.