Asian Games 2022 - Fajar/Rian Membidik Titik Balik di Hangzhou

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Aryono Miranat menyoroti pentingnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk mengembalikan motivasi mereka agar dapat kembali ke performa terbaik. Ia berharap, Asian Games Hangzhou 2022 menjadi titik balik bagi ganda putra nomor satu dunia tersebut. Mengingat, Fajar/Rian pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang adalah finalis, meski kemudian kalah dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

"Ya, mereka harus bangkit, justru di saat saat sekarang ini, titik yang bisa dinaikkan lagi. Siapa tahu grafiknya yang turun, bisa naik tinggi lagi," kata Aryono, saat dijumpai di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (20/9).

"PBSI menargetkan emas (di Asian Games 2022), bisa dari Fajar/Rian, bisa dari Leo/Daniel. Balik lagi untuk Fajar/Rian, utamanya Asian Games 2018 kan bisa masuk final walaupun kalah dari Kevin/Gideon. Harus bisa dinaikkan lagi motivasinya, semangatnya itu harus ada terus," Aryono, menjelaskan.

Antara melaporkan, selain motivasi, Aryono juga memberikan sejumlah latihan tambahan seperti untuk memperkuat pertahanan, sehingga kepercayaan diri Fajar/Rian dapat terpupuk dan permainan di lapangan bisa semakin matang. "Kita akan motivasi terus. Selain memotivasi mereka, ada juga sponsor yang maunya mereka prestasinya bagus, itu juga jadi semangat. Selain motivasi, tentunya ditambah dengan latihan lebih lagi seperti untuk defense (pertahanan), akurasi bola, dan lainnya," paparnya.

Asian Games 2022 Hangzhou bergulir pada 23 September hingga 8 October 2023 di Hangzhou, China. Sementara, cabang olahraga bulu tangkis yang digelar di Binjiang Gymnasium, berlangsung pada 28 September-1 Oktober 2023 dengan mempertandingkan nomor beregu, kemudian berlanjut dengan nomor perorangan pada 2-7 Oktober. Tim bulu tangkis Indonesia akan diperkuat 10 pemain putra dan 10 pemain putri.