Indonesia Open 2023 - Rehan/Lisa Menang Dramatis atas Goh/Lai

Lisa Ayu Kusumawati & Rehan Naufal Kusharjanto (Humas PP PBSI)
Lisa Ayu Kusumawati & Rehan Naufal Kusharjanto (Humas PP PBSI)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati melakukan "comeback" untuk lolos ke babak 16 besar turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2023. Dalam laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6), Rehan/Lisa menang lewat pertarungan tiga gim atas wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, dengan skor 21-13, 24-26, 21-17 dalam tempo 68 menit.

Pada pertandingan ini, peraih medali emas SEA Games Kamboja 2023 tersebut mengaku "terlambat panas" seusai tertinggal pada gim pertama dengan skor 13-21. Momentum yang dibangun pasangan Malaysia di gim pertama hampir membuat ganda campuran berperingkat 12 dunia itu melangkah mulus ke babak 16 besar.

Namun, juara Hylo Open 2022 itu membuyarkan impian Goh/Lai untuk menang mudah seusai Rehan/Lisa mampu comeback dari ketinggalan 17-20 hingga terjadi setting sebelum akhirnya menang dengan skor 26-24.

Pada gim penentu, Rehan/Lisa bertanding tidak kenal lelah untuk meraih kemenangan akhrinya mampu lolos ke 16 besar seusai unggul 21-17. "Kami bermain nervous di gim pertama. Pada turnamen sebelumnya di Indonesia Masters 2023 permainan kami tidak keluar. Beruntung di pertandingan ini kami bisa mengejar ketertinggalan dan mampu mengakhiri laga dengan kemenangan," ungkap Rehan melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Pada gim pertama permainan kami tidak keluar. Pertahanan kami mudah ditembus dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Kami mengawali gim kedua dengan optimisme tinggi dengan bermain lebih yakin," Lisa, menambahkan.

Dalam laga ini, Rehan/Lisa mengaku mendapat keuntungan saat pasangan lawan sudah mulai hilang fokus. Keduanya saling menguatkan satu sama lain dalam kondisi tersebut sebelum akhirnya memenangi laga. "Kami saling mengingatkan di laga ini untuk terus fokus sepanjang pertandingan. Saat poin kritis hal tersebut yang saya ingatkan terus kapada Lisa agar permainan tidak buyar," jelas Rehan.

Dengan hasil ini Rehan/Lisa meraih kemenangan keduanya dari empat laga melawan wakil Negeri Jiran. Kemenangan ini juga sebagai revans Rehan/Lisa setelah sebelumnya pada Singapore Open 2023 menyerah dari pasangan berperingkat delapan dunia itu dengan skor 21-15, 18-21, 14-21. "Pertandingan melawan wakil Malaysia memang selalu berjalan sangat seru. Kami banyak belajar seusai kekalahan di Singapore Open 2023 dengan melihat banyak video pertandingan untuk evaluasi," demikian Rehan.