Orléans Masters 2024 - Rinov/Pitha Selangkah Lagi Akhiri Rindu Trofi

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Penantian yang cukup lama bagi ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, untuk mengangkat trofi, berpeluang mencapai titik akhir pada Minggu (17/3). Pasangan "Merah Putih" berperingkat 18 dunia itu bertemu wakil China, Cheng Xing/Zhang Chi, di final Orléans Masters 2024 yang bertempat di Palais des sports, Orléans, Prancis.

Rinov/Pitha meraih tiket final turnamen level BWF World Tour Super 300 tersebut berkat kemenangan atas pasangan Denmark, Mads Vestergaard/Christine Busch. Unggulan teratas itu menang straight games 21-11, 22-20 setelah bertanding selama 35 menit.

Pada Januari lalu, kedua pasangan bertemu pada Indonesia Masters 2024 yang juga dimenangkan oleh Rinov/Pitha setelah melalui duel ketat yang berakhir dengan skor 23-21, 24-22.

Sementara, Cheng/Zhang merebut tiket final setelah bertarung alot melawan ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheng Su Yin, di babak empat besar. Kedua pasangan berjuang habis-habisan untuk mencapai partai puncak, hingga tercipta setting di gim pembuka dan gim penentu. Wakil negeri tirai bambu itu keluar sebagai pemenang dengan skor 22-24, 21-16, 27-25 dalam tempo 78 menit.

Laga final ini menjadi pertemuan perdana antara Rinov/Pitha dan Cheng/Zhang.

Dalam empat pertandingan yang dilalui menuju final, Rinov/Pitha tercatat tak kehilangan satu gim pun. Mereka menang atas Davi Silva/Sâmia Lima (Brasil), Malik Bourakkadi/Leona Michalski (Jerman), Hiroki Nishi/Akari Sato (Jepang), serta Vestergaard/Busch.

Hingga kini, pencapaian Rinov/Pitha pada Orléans Masters 2024 menjadi yang terbaik sejak musim kompetisi dunia bergulir pada tahun ini. Rangkaian kekalahan kerap mereka alami pada babak-babak awal turnamen. Pencapaian terbaik mereka adalah babak 16 besar German Open 2024, sebelum dikalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Setahun lalu, Rinov/Pitha tak sekali pun menjejakkan kaki di final, pun babak empat besar. Pencapaian terbaik mereka pada 2023 adalah lima kali menembus perempat final pada turnamen level BWF World Tour Super 500 Hong Kong Open, Australian Open (Super 500), Indonesia Open (Super 1000), Malaysia Masters (Super 500), dan Swiss Open (Super 300).