Kejuaraan Dunia 2023 - Fajar/Rian Tersingkir Cepat

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi unggulan teratas pertama yang tersingkir dari Kejuaraan Dunia 2023. Ganda putra nomor satu dunia itu kalah dari Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan asal Taiwan dengan skor 18-21, 19-21, dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu (23/8) di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark.

"Kami kecewa dengan kekalahan ini. Kami belum bisa menampilkan performa terbaik. Kami memang tidak bermain baik dalam pertandingan ini," kata Rian kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Hal hampir senada juga dilontarkan oleh Fajar. Ia meminta maaf lantaran belum bisa menunjukkan performa optimal di babak awal kejuaraan dunia edisi ke-28 ini. "Permainan kami tak sesuai dengan harapan. Lawan juga bermain sangat baik dan kami tak bisa keluar dari tekanan," ujarnya.

"Kami sebenarnya tidak memikirkan kami sebagai pemain unggulan. Kami tak memikirkan sebagai pasangan nomor satu dunia. Harus diakui, tampil di kejuaraan dunia itu atmosfernya berbeda dengan kejuaraan yang lain," Fajar, menambahkan.

Tampil di kejuaraan dunia, lanjut Fajar, harus memiliki fokus yang luar biasa dan modal performa terbaik. "Mungkin kami terlalu menggebu-gebu tampil di sini, tetapi hasil akhirnya malah tidak sesuai harapan," tutur pemain kelahiran Bandung ini.

"Soal kondisi lapangan yang berangin, itu tidak bisa dijadikan alasan. Karena lawan juga mengalami kondisi yang sama. Jadi, soal lapangan yang berangin ini tidak bisa dijadikan alasan kekalahan kami ini," demikian Rian.