Indonesia International Challenge 2023 - Jepang Mendominasi, Tuan Rumah Nirgelar

Hiroki Nishi/Akari Sato (Humas PP PBSI)
Hiroki Nishi/Akari Sato (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Jepang berjaya pada Indonesia International Challenge 2023 di Surabaya, Minggu (22/10). Dua gelar juara berhasil direbut oleh ganda campuran unggulan kedua Hiroki Nishi/Akari Sato dan ganda putra Kenya Matsuhashi/Hiroki Okamura. Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia, masing-masing memboyong satu titel kampiun. Sementara, tuan rumah Indonesia tak meloloskan satu pun wakil ke partai puncak turnamen level International Challenge ini

Dalam laga final yang digelar di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Hiroki/Akira keluar sebagai juara, berkat kemenangan rubber game 22-20, 18-21, 21-14 atas pasangan Malaysia, Go Pei Kee/Choong Hon Jian.

Ganda campuran berperingkat 56 dunia tersebut mengaku sempat kehilangan fokus di gim kedua saat sudah unggul pada gim pertama. Namun, Hiroki/Akira kembali bisa fokus pada gim penentuan, dan akhirnya mengemas kemenangan dalam tempo 62 menit. "Senang rasanya bisa memenangkan laga hari ini. Kami mencoba bermain lebih kompak pada laga ini," ungkap Hiroki melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Gelar juara kedua datang dari Kenya/Hiroki. Ganda putra berperingkat 60 dunia itu menang dengan skor 20-22, 21-16, 21-8 atas wakil Korea Selatan, Ki Dong Ju/Kim Jaehwan.

Pada pertandingan penutup ini, Kenya/Hiroki mengaku tegang saat Ki/Kim bermain menyerang pada gim pembuka. Namun, pada gim berikutnya, Kenya/Hiroki bisa mengantisipasi hal tersebut untuk akhirnya memaksakan gim ketika.

Pada gim penentuan, Kenya/Hiroki bermain lebih menekan dan agresif. Mereka pun akhirnya bisa menjadi kampiun dalam  pertarungan selama 62 menit. "Kami kalah semangat dari lawan di gim pertama. Kami jadi tertekan menghadapi mereka. Kami berupaya bangkit di gim kedua dengan bermain lebih menyerang," jelas Hiroki.

"Gelar juara Indonesia International Challenge 2023 seusai dengan target kami. Kami sangat senang bisa mewujudkan meraih gelar juara di turnamen ini," Kenya, menambahkan.

Berikut hasil lengkap final Indonesia International Challenge 2023:

Ganda Campuran
Choong Hon Jian/Go Pei Kee (Malaysia/1) vs. Hiroki Nishi/Akari Sato (Jepang/2) 20-22, 21-18, 14-21

Tunggal Putri
Sim Yu Jin
(Korea Selatan/1) vs. Kim Ga Ram (Korea Selatan) 21-16, 21-13

Ganda Putri
Sayaka Hobara/Yui Suizu (Jepang/3) vs. Laksika Kanlaha/Phataimas Muenwong (Thailand/2) 18-21, 18-21

Tunggal Putra
Keita Makino (Jepang) vs. Sholeh Aidil (Malaysia/7) 14-21, 6-21

Tunggal Putra
Ki Dong Ju/Kim Jaehwan (Korea Selatan) vs. Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura (Jepang/2) 22-20, 16-21, 8-21