BAC 2024 - Sang Juara Bertahan Tumbang

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Juara bertahan tunggal putra Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC), Anthony Sinisuka Ginting, tumbang di perempat final BAC 2024. di Ningbo Olympic Sports Center Gymnasium, Ningbo, China, Jumat (11/4), unggulan kedua itu kalah dari unggulan kelima asal China, Li Shi Feng, dua gim langsung 21-9, 21-10.

"Tetap mengucapkan rasa syukur, meskipun hasil pertandingan dan performa saya di lapangan masih jauh dari harapan," katanya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Hasilnya kurang memuaskan buat saya. Tak hanya saya, pelatih, dan semua orang pasti tidak puas dengan penampilan saya hari ini," Anthony, menambahkan.

Secara umum runner-up All England 2024 itu menilai, permainannya sama sekali tidak berkembang sepanjang pertandingan berdurasi 41 menit tersebut. Ia tak mampu keluar dari tekanan lawan. "Saya sudah berusaha mencari cara, tetapi tetap tidak bisa keluar dari tekanan lawan," tuturnya.

"Sebagai bahan evaluasi, tentu akan ada diskusi dengan pelatih. Evaluasinya tak hanya untuk pertandingan melawan Li Shi Feng, tetapi juga pertandingan-pertandingan sebelumnya. Semuanya untuk persiapan menuju Olimpiade," demikian Anthony.

Dengan hasil ini, Indonesia hanya memiliki satu wakil semifinal BAC 2024, yaitu tunggal putra Jonatan Christie. Selain Anthony, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juga tersisih di babak delapan besar.