Bagas/Fikri Kembali Menahan Rindu

Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Djarum Badminton)
Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jumat (5/4) adalah hari terakhir kerja. Pemudik bersiap meninggalkan ibu kota Jakarta demi pulang berlebaran di kampung halaman. Namun, tidak semua orang punya kesempatan untuk mudik Lebaran dan bertemu keluarga di tanah kelahiran. Begitu pula dengan dua atlet bulu tangkis nasional, Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri, yang harus kembali menahan rindu dan tetap berjuang di negeri orang.

Pada akhir pekan ini, ganda putra juara All England 2022 itu terbang ke China guna mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2024 di Ningbo, 9-14 April. "Kalau kata Coach Ar (pelatih ganda putra Aryono Miranat), itu harga yang harus dibayar," tanggap Fikri, ditemui di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (3/4).

"Ya nggak apa-apa lah. Karena itu, kan, buat kita sendiri. Sama keluarga juga kita sudah pamitan, ya (keluarga) dukung kok, sudah kasih restu," jelas pemain kelahiran Bandung, Jawa Barat, pada 16 November 1999 ini.

Kedua pemain mengaku sudah terbiasa berlebaran tanpa keluarga. Mereka pernah berlebaran di sela-sela menjalani turnamen di luar negeri. Semisal, kala Bagas/Fikri bersama rekan-rekan mereka di tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga pada BAC 2022, merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan sederhana di Manila, Filipina. Walau sedang di negeri orang, suasana Lebaran tetap terasa haru dan khidmat. Kegiatan Idul Fitri dimulai dengan melaksanakan salat Ied di balai irung Hotel Crimson, dilanjutkan tradisi bermaaf-maafan, lalu berkumpul untuk sarapan bersama.

Tahun ini, Bagas/Fikri akan menghabiskan masa Lebaran di negeri tirai bambu. "Semoga nggak sia-sia. Nggak lebaran sama keluarga semoga ada hasil," ujarnya.

Berdasarkan hasil drawing, Bagas/Fikri akan berhadapan dengan Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren di babak pertama BAC 2024. Dalam catatan head-to-head, pasangan "Merah Putih" berperingkat sembilan dunia itu mengantongi empat kemenangan dalam empat pertemuan dengan ganda putra asal Thailand tersebut.