Ada "Oleh-oleh" dari Eropa

Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani & Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti (PB Djarum)
Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani & Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti (PB Djarum)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pada pengujung April lalu, sebelas atlet dan sejumlah pelatih PB Djarum berangkat ke luar negeri guna mengikuti tiga turnamen di Eropa, yakni Stockholm Junior 2022, Luxembourg Open 2022, dan 3 Borders International 2022. Ketiga turnamen tersebut dijadikan ajang uji kemampuan bagi para pebulu tangkis muda dari klub yang bermarkas di Kota Kudus, Jawa Tengah, itu, dengan pemain-pemain mancanegara.

Mereka adalah Jason Christ Alexander (tunggal putra), Chiara Marvella Handoyo, Aura Ihza Aulia (tunggal putri), Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, Marwan Faza/Verrell Yustin Mulia (ganda putra), Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani, Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma, Chiara Marvella Handoyo/Aura Ihza Aulia (ganda putri).

Kemudian pada sektor ganda campuran, Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani, Verrel Yustin Mulia/Bernadine Anindya Wardana, Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida Rahma, Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti. Dari belasan nama di atas, sembilan di antaranya terbilang masih "hijau" lantaran belum pernah mencicipi satu pun pertandingan di Eropa.

Destinasi pertama yang disinggahi, Swedia. Tepatnya di Täby, tempat diselenggarakannya Stockholm Junior 2022, 29 April-1 Mei. Di kota kecil yang terletak di belahan utara kota Stockholm itu, atlet-atlet junior dari puluhan negara berkumpul dan bertanding di lima nomor perorangan.

Alhasil, anak-anak Indonesia menguasai turnamen ini dengan empat titel kampiun dan empat gelar runner-up. Jason menempati podium nomor dua, berdiri di samping kompatriotnya asal Indonesia, Muhammad Halim As Sidiq --juara Tunggal Taruna Putra U19 YUZU Isotonic Akmil Open 2021--. Satu-satunya gelar yang gagal diraih wakil "Merah Putih", yakni pada nomor tunggal putri.

Selepas turnamen U19 di Täby, perjalanan Jason dan kawan-kawan berlanjut ke Luksemburg, salah satu negara kecil yang berada pada peringkat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya di Eropa. Mereka bertarung di Luxembourg Open 2022, 5-8 Mei, turnamen berlevel International Series yang diikuti para atlet junior hingga dewasa.

Sebelum berangkat ke Eropa, kepada anak-anak didiknya, Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi berpesan, persaingan antar-pemain di benua biru itu keras. Jangan sampai para atlet merasa rendah diri ketika berhadapan dengan lawan yang berbeda ras. Luxembourg Open adalah salah satu turnamen yang menghadirkan rivalitas kekuatan pemain-pemain Eropa yang umumnya memiliki postur tubuh lebih besar dan pukulan lebih kuat.

Para atlet muda ini, lanjut Fung, mesti memiliki pola pikir yang berorientasi pada strategi mengalahkan lawan di lapangan dan kepercayaan diri tinggi guna menjaga mentalitas saat bertanding. "Kalau hal tersebut dimiliki, tidak ada alasan untuk kalah," Fung, menegaskan.

Nah, Fung sudah mengingatkan mereka wanti-wanti. Anak-anak pun merasakan atmosfer persaingan lebih tinggi kala memasuki arena d'Coque Centre National Sportif & culturel, tempat berlangsungnya Luxembourg Open 2022. Hasil yang diraih di Luksemburg justru bertolak belakang dengan pencapaian di Täby. Chiara dan Aura berdiri di atas podium satu dan dua tunggal putri, sementara posisi runner-up pada empat nomor lainnya menjadi milik para pebulu tangkis Indonesia. Denmark mendominasi. Prancis dan Inggris masing-masing berbagi satu titel kampiun.

Pelatih tunggal putri PB Djarum Lukman Hakim memuji daya juang Chiara dan Aura, yang memulai perjalanan mereka dari babak kualifikasi. Banyak pebulu tangkis Eropa dan Asia yang berhasil ditaklukkan oleh kedua atlet yang sama-sama lahir pada tahun 2005 ini. Bahkan, Aura mampu menuntaskan turnamen ini dengan telapak kaki kiri yang terkelupas sejak memasuki fase dengan sistem gugur.

Dalam kondisi cedera sejak babak-babak awal, Aura memilih tetap bermain dan terus menjaga tren kemenangan. Ia menyudahi perlawanan dua pemain India, Mansi Singh dan Likhita Srivastava. Kemudian memenangi laga perempat final atas Jaymie Laurens (Belanda), serta unggulan kelima dari Swiss, Ronja Stern. "Sejak babak pertama kaki kirinya sudah terkelupas. Tapi dia pun berpikir, sayang sudah jauh-jauh ke Eropa. Dan akhirnya dia coba terus bermain," kata Lukman Hakim, ketika dihubungi dari Jakarta.

Tiba di arena final, Aura tetap memaksakan diri bertarung melawan Chiara, rekan satu klub, sesama pemain tunggal, juga tandemnya pada sektor ganda putri. Aura menyerah 9-12, 9-12 dari Chiara setelah bertarung selama 26 menit. "Perjuangan anak-anak sangat luar biasa. Merangkak dari babak kualifikasi pun, lawan-lawan yang mereka hadapi berada di atas mereka semua," Lukman, mengapresiasi pencapaian dua pemain tunggal didikannya.

Kabar dari Eropa ini juga sampai ke pemain nasional Komang Ayu Cahya Dewi. Kala di Bangkok, Thailand, bersama tim Uber Indonesia, Komang juga memantau perjuangan Chiara dan Aura, juniornya di PB Djarum. "Buat Chiara dan Aura, semangat dan fight terus buat finalnya. Begitu juga dengan teman-teman yang lain," atlet asal Buleleng, Bali, tersebut, menyampaikan pesan kepada para rekan-rekan satu klubnya melalui Djarum Badminton, Minggu (8/5).

Rangkaian tur Eropa anak-anak PB Djarum bermuara di Saint Louis, kota penyelenggara 3 Borders International U19 2022, 13-15 Mei. Bekal pengalaman bertanding serta sejumlah titel juara di Täby dan Luksemburg, menimbulkan rasa percaya diri dan memompa semangat para pemain untuk memenangkan setiap laga di negeri Napoleon ini. Layaknya dua turnamen sebelumnya, mereka rata-rata turun di dua pertandingan saban harinya.

Pada hari terakhir turnamen, terpampang sembilan bendera merah putih pada laman Tournament Software. Wakil-wakil Indonesia benar-benar menguasai turnamen yang berlangsung di Sportenum ini. Tuan rumah Prancis menempatkan satu wakil pada sektor ganda putri, yang pada akhirnya harus puas dengan posisi kedua setelah ditumbangkan unggulan kedelapan dari Indonesia, Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani dengan skor identik 21-11, 21-11.

Sapu bersih, demikian idiom yang digunakan di kepala berita laman ini untuk menamsilkan hasil akhir yang dicapai oleh para pebulu tangkis Indonesia di 3 Borders International U19 2022. Bahkan, Muh Putra Erwiansyah, Marwan Faza, Puspa Rosalia Damayanti, dan Jessica Maya Rismawardani, menempati podium satu maupun dua pada sektor ganda saat penyerahan medali.

Secara keseluruhan, sebelas atlet PB Djarum membawa pulang ke Tanah Air "oleh-oleh" yang berisikan sembilan gelar juara dan tiga belas titel runner-up dari dua turnamen junior serta satu turnamen dewasa di benua biru. "Oleh-oleh" tersebut sudah dibungkus rapi sebagai kado ulang tahun bagi klub tempat mereka berlatih, yang merayakan hari jadi ke-53 pada 28 April 2022. Selamat!

Berikut daftar para juara dari tiga turnamen Eropa yang diikuti atlet-atlet PB Djarum:

Stockholm Junior 2022
Tunggal Putra

Juara 1 - Muhammad Halim As Sidiq
Juara 2 - Jason Christ Alexander

Tunggal Putri
Juara 1 - Anwesha Gowda (India)
Juara 2 - Lucia Rodriguez (Spanyol)

Ganda Putra
Juara 1 - Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo
Juara 2 - Jonathan Farrell Gosal/Adrian Pratama  

Ganda Putri
Juara 1 - Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani
Juara 2 - Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana

Ganda Campuran
Juara 1 - Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida Rahma
Juara 2 - Verrell Yustin Mulia/Bernadine Anindiya Wardana

 

Luxembourg Open 2022
Tunggal Putra

Juara 1 - Mads Christophersen (Denmark)
Juara 2 - Magnus Johannesen (Denmark)

Tunggal Putri
Juara 1 - Chiara Marvella Handoyo
Juara 2 - Aura Ihza Aulia

Ganda Putra
Juara 1 - Andreas Søndergaard/Jesper Toft (Denmark)
Juara 2 - Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo

Ganda Putri
Juara 1 - Abbygael Harris/Hope Warner (Inggris)
Juara 2 - Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana

Ganda Campuran
Juara 1 - Lucas Corvee/Sharone Bauer
Juara 2 - Verrell Yustin Mulia/Bernadine Anindiya Wardana

 

3 Borders International U19 2022
Tunggal Putra

Juara 1 - Jason Christ Alexander
Juara 2 - Ananda Galvani Daniswara

Tunggal Putri
Juara 1 - Chiara Marvella Handoyo
Juara 2 - Aura Ihza Aulia

Ganda Putra
Juara 1 - Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo
Juara 2 - Marwan Faza/Verrell Yustin Mulia

Ganda Putri
Juara 1 - Puspa Rosalia Damayanti/Jessica Maya Rismawardani
Juara 2 - Marie Cesari/Lilou Schaffner (Prancis)

Ganda Campuran
Juara 1 - Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani
Juara 2 - Muh Putra Erwiansyah/Puspa Rosalia Damayanti