Thomas & Uber Cup 2024 - Momen untuk Berjuang Bersama

Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Chengdu | Kapten tim bulu tangkis Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2024, Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu, memfokuskan rekan-rekannya untuk menjaga kekompakan dalam menghadapi laga perdana pada Sabtu (27/4) Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China. Tim Thomas Indonesia akan memulai perjuangan di Grup C melawan Inggris, sementara tim Uber yang juga berada di Grup C akan berhadapan dengan Hong Kong.

"Menurut saya tim Thomas Indonesia cukup berpeluang untuk kembali merebut juara. Dengan kerja sama dan kekompakan saya rasa kans itu ada. Baik di tunggal maupun di ganda, kekuatan kami merata. Kami siap bertarung siapapun yang dipilih untuk turun," ujar Fajar melalui siaran pers Humas PP PBSI, Jumat (26/4) malam WIB.

"Kami di tim Uber akan memberikan yang terbaik melawan Hong Kong besok. Kami akan mengeluarkan seluruh kemampuan yang kami punya," Apri, menimpali komentar Fajar.

Untuk Piala Thomas 2024, Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal, sementara sektor ganda diisi oleh Fajar Alfian, Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Pada tahun ini, tim Thomas Indonesia menempati unggulan 3/4. Perjalanan tim putra ini terhenti di perempat final dalam Badminton Asia Team Championships 2024 di Selangor, Malaysia, pada Februari lalu. Turnamen ini merupakan proses kualifikasi menuju Piala Thomas. Namun, Indonesia tetap berhak ke putaran final melalui jalur peringkat terbaik.

Sementara, tim Indonesia pada Piala Uber 2024 sebagai unggulan 5/8. Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal, serta Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari, di sektor ganda. Tim putri dipastikan lolos ke putaran final di Chengdu setelah melaju ke semifinal di Selangor.

Manajer tim yang juga Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja memastikan, kondisi skuad "Merah Putih" dalam kondisi prima dan siap tempur. "Sejauh ini sampai tadi latihan terakhir sebelum besok memulai pertandingan, kita bersyukur semua menjalankan program latihan dengan baik. Saya berpesan untuk terus menjaga kondisi dan kesehatan," kata Ricky.

"Secara kesiapan seluruh atlet sudah siap bertanding," pungkasnya.