Swiss Open 2024 - Lanny/Ribka Gembira Sambut Gelar Juara Perdana

Lanny Tria Mayasari, Eng Hian, & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Lanny Tria Mayasari, Eng Hian, & Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto meraih gelar juara perdana pada turnamen bulu tangkis BWF World Tour. Pasangan berperingkat 32 dunia itu menjuarai Swiss Masters 2024, Minggu (24/3), setelah di partai puncak menang atas Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching asal Taiwan, lewat pertarungan tiga gim 13-21, 21-16, 21-8 dalam tempo 81 menit, di St. Jakobshalle Basel, Swiss.

"Alhamdullilah, akhirnya bisa juara di (turnamen level BWF World Tour) Super 300! Rasanya bangga dan senang pastinya," kata Ribka melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI, Minggu (24/3) malam WIB.

Di gim pembuka, lanjutnya, para srikandi bulu tangkis "Merah Putih" ini merasa belum mendapatkan "feel" yang enak dalam menerapkan pola permainan. Di sisi lain, keduanya cenderung kerap menciptakan kesalahan sendiri dan tidak sabar dalam mengikuti pola permainan Hsu/Lin.

"Di gim kedua tadi sudah ketinggalan juga awalnya, tapi kami coba lebih berani mengubah pola dan lebih tahan di reli-reli panjangnya, lebih sabar," ujar pemain asal klub PB Djarum tersebut.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, Lanny/Ribka tetap mempertahankan pola permainan yang mereka terapkan di gim kedua. Ribka pun mengucap syukur lantaran strategi yang dipertahankan mampu membawa mereka ke podium teratas turnamen bulu tangkis yang berlangsung pada 19-24 Maret ini.

Di sisi lain, keduanya "tertular" sukses yang diraih Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, dua kolega mereka yang pada pekan lalu berdiri di poidum teratas di Prancis. "Saya dan Lanny tentunya terpacu dan termotivasi juaranya Rachel/Trias di Orleans Masters pekan lalu," jelas Ribka, merujuk pada kemenangan Rachel/Trias di final atas pasangan Jepang, Rui Hirokami/Yuna Kato, yang berakhir dengan skor 21-12, 21-18.

Sementara, Lanny menyatakan, gelar juara Swiss Open 2024 ia persembahkan untuk almarhum ayahnya. "Dia ingin sekali melihat saya bisa juara. Ke depan saya ingin juara di level yang lebih tinggi," tuturnya.

Kemudian, Ribka berujar, "Gelar ini yang pertama pasti buat keluarga, buat pelatih, buat teman-teman ganda putri dan buat PBSI. Terima kasih sudah selalu mendukung. Semoga kami bisa terus konsisten mainnya dan bisa lebih baik lagi di setiap turnamennya mau di level mana pun."

Pada Swiss Open 2024, tim bulu tangkis Indonesia juga meraih dua gelar runner-up melalui tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Berikut hasil final Swiss Open 2024:

  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (Indonesia/1) vs. Ben Lane/Sean Vendy (Inggirs/8) 22-24, 26-28
  • Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Indonesia) vs. Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching (Taiwan) 13-21, 21-16, 21-8
  • Lin Chun-Yi (Taiwan) vs. Chou Tien Chen (Taiwan/5) 7-21, 22-20, 23-21
  • Carolina Marín (Spanyol/1) vs. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia/2) 21-19, 13-21, 22-20
  • Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia/3) vs. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia/8) 16-21, 13-21