Piala Uber 2020 - Tetap ke Delapan Besar walau Kalah Telak dari Jepang

Kabid Binpres PPPBSI, Rionny Mainaky. (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Kabid Binpres PPPBSI, Rionny Mainaky. (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Indonesia berhasil melaju ke perempat final Piala Uber 2020. Meski demikian, srikandi-srikandi "Merah Putih" wajib melakukan evaluasi agar kekalahan telak 0-5 dari Jepang pada laga terakhir penyisihan Grup A, tidak terulang lagi di babak delapan besar. Di babak perempat final, para pemain diminta untuk bermain lebih garang, berani, dan total, dalam mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky ingin para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat melawan Jepang. Namun, para pemain belum bisa bermain lebih lepas. "Para pemain tadi saya lihat masih ada rasa takut dan ragu-ragu,. Ini yang tidak boleh terjadi di pertandingan berikut yang merupakan pertandingan penentuan," katanya melalui siaran pers tim Humas dan Media PP PBSI, Rabu (13/10).

"Saya akan mengawal kepada pelatih untuk mengingatkan kepada para pemainnya untuk bisa mengeluarkan kemampuan terbaik di pertandingan penentuan. Semua ini untuk meraih kemenangan," Rionny, menegaskan.

Indonesia menempati posisi runner-up grup, mendampingi Jepang di posisi puncak. Undian babak perempat final akan digelar pada Rabu (13/10) malam waktu setempat, setelah semua pertandingan babak penyisihan grup rampung.

Wakil terakhir Indonesia pada partak melawan Jepang, Selasa (13/11), Ester Nurumi Tri Wardoyo, tidak mampu mencuri satu poin dari Jepang usai dikalahkan Aya Ohori. Tunggal putri debutan Indonesia ini takluk di tangan pemain peringkat 20 dunia tersebut dengan skor 14-21, 7-21. Dalam laga yang di Ceres Arena, Aarhus, Denmark ini, diakui Ester, Ohori bermain jauh lebih baik.

Pola permainan Ohori juga lebih tersusun rapih. Pemain Jepang itu bisa mengeluarkan semua permainannya. Sementara Ester sendiri kurang tampil berani. "Tadi dari awal saya kurang berani untuk mengadu. Permainan saya juga sangat lambat. Tidak berani bermain menyerang," tutur Ester.

Pada laga sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Putri Kusuma Wardani, dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, juga menyerah dari wakil Jepang.

Berikut hasil pertandingan Indonesia melawan Jepang dalam penyisihan Grup A Piala Uber:

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Akane Yamaguchi 7-21, 16-21
  • Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama 14-21, 19-21
  • Putri Kusuma Wardani vs. Sayaka Takahashi 14-21, 19-21
  • Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs. Yuki Fukushima/Arisa Higashino 9-21, 10-21
  • Ester Nurumi Tri Wardoyo vs. Aya Ohori 14-21, 7-21