Piala Thomas & Uber 2020 - Skuad Indonesia Mulai Berlatih

Para pemain Indonesia menjalani latihan kebugaran di Hotel Scandic, jelang perebutan Piala Thomas & Uber 2020 (Humas PP PBSI)
Para pemain Indonesia menjalani latihan kebugaran di Hotel Scandic, jelang perebutan Piala Thomas & Uber 2020 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Hari kedua sejak tiba di Denmark, tim bulu tangkis Indonesia langsung memanfaatkan fasilitas yang tersedia di hotel untuk latihan ringan. Didampingi pelatih fisik, tim putra dan putri berlatih secara bergantian. Para pelatih harus mengakali sesi latihan, lantaran keterbatasan ruang yang tersedia di tempat skuad "Merah Putih" mmenginap selama di perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020.

"Hari ini kita manfaatkan waktu persiapan dengan berlatih di Hotel Scandic. Tim putra dan putri bisa bergantian berlatihnya. Ini dengan tujuan untuk menjaga kebugaran dan kondisi setelah kemarin kita datang dari Finlandia," ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, melalui tim Humas dan Media PP PBSI di Hotel Scandic, Aarhus.

Pada pukul 07.00 pagi waktu setempat, tim Thomas mulai berlatih kebugaran di fasititas kebugaran (gym) yang tersedia hotel. Selebihnya, joging di pelataran parkir hotel.

Sementara, latihan bagi pemain putra yang terdiri atas empat pemain tunggal dan delapan pemain ganda, pun harus dibagi. Ini karena ruangan fasilitas gym sangat kecil, sekitar sekitar 4x5 meter persegi. "Harus pintar-pintar menyiasati minimnya fasilitas gym yang sangat terbatas di hotel sini," lanjut Rionny.

Sementara, kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi menyatakan, latihan ringan ini bertujuan untuk menjaga kondisi pemain. Pemain bisa mencari keringat dan otot-ototnya siap kembali setelah di hari kedatangan sehari sebelumnya tidak ada latihan apa pun. "Ya, biar menjaga kebugaran, biar lebih fresh kondisinya dengan bergerak," ujarnya.

Satu jam berselang, giliran tim Uber berlatih. Di ruangan gym, tim ganda putri tengah menjalani latihan kebugaran secara bersama-sama. Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Ribka Sugiarto, dan kawan-kawan, terlihat semangat mengikuti instruksi pelatih fisik Ari Subarkah.

Menurut Rionny, Indonesia sebenarnya sudah meminta jadwal latihan teknik kepada panitia. Namun, hingga Rabu (6/10) siang, belum ada kepastian. Akhirnya diputuskan, untuk sesi sore hari, jika kondisi cuaca tidak hujan pemain akan melakukan joging di taman di samping hotel. Terlebih, hasil tes PCR yang keluar menyatakan seluruh anggota tim Indonesia negatif dari Covid-19.

Tes dilakukan saat skuad "Merah Putih" tiba di Denmark dengan metode saliva. Dengan hasil tes negatif tersebut, kontingen Indonesia diizinkan berlatih di luar hotel. "Karena jadwal untuk latihan teknik di lapangan bulu tangkis belum ada, sore nanti kita latihan joging di taman sebelah hotel saja. Pokoknya pemain harus bergerak agar sehat, dan menjaga kondisi," demikian Rionny.