Indonesia Open 2023 - Habis, Tunggal Putri "Merah Putih"

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Perjalanan Putri Kusuma Wardani pada Indonesia Open 2023 terhenti di babak 16 besar. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (15/6), Putri menyerah dua gim langsung dengan skor 15-21, 11-21 dari wakil Jepang, Akane Yamaguchi. Pada laga ini pebulu tangkis berperingkat 39 dunia itu mengaku sudah memberikan perlawanan dengan maksimal. Juara Orléans Masters 2022 itu sempat mengimbangi di awal laga sebelum akhirnya menyerah dalam tempo 36 menit.

"Dari segi pengalaman serta daya tahan, Akane lebih kuat ketimbang saya. Tidak hanya itu, akurasi pukulan lawan juga sangat tajam dan akurat," ungkap Putri, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Meski tersingkir, pemain kelahiran 20 Juli 2002 itu mengaku cukup puas dengan kesempatan bermain di turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut. Terlebih, pada Indonesia Open 2023, Putri berhadapan dengan pemain-pemain kelas dunia seperti Yamaguchi. "Perasaan saya cukup puas seusai tampil di sini karena saya menghadapi pemain nomor satu dunia," tuturnya.

"Pelajaran yang saya petik dari turnamen ini ialah harus lebih kuat dari segi endurance lagi ke depannya," juara Spain Masters 2021 itu, menambahkan.

Sebelumnya, tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, angkat koper di babak pertama seusai menyerah dari wakil India, Pusarla V. Sindhu, dengan skor 19-21, 15-21.