Hylo Open 2022 - Ginting dan Grego ke Semifinal

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting memastikan satu tiket ke babak empat besar Hylo Open 2022 berkat kemenangan atas unggulan keempat asal Singapura Loh Kean Yew. Pada pertandingan yang berlangsung di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman, Jumat (4/11), Anthony menang straight games 21-13, 21-14. Keberhasilan serupa juga dicapai oleh wakil Indonesia lainnya pada sektor tunggal putri, melalui Gregoria Mariska Tunjung yang menumbangkan atlet muda India, Malvika Bansod, dengan skor 21-17, 21-10.

"Dari awal, saya mulai mencoba menerapkan strategi untuk bermain lebih agresif dan menekan terus. Selain itu juga fokus agar tidak melakukan kesalahan sendiri," kata Anthony melalui keterangan pers Humas PP PBSI, menanggapi performanya saat berhadapan dengan Juara Dunia 2021 itu.

"Dari situ lawan keliatan bingung dan akhirnya malah banyak melakukan kesalahan sendiri," tambahnya.

Di semifinal, unggulan kelima itu akan bertemu dengan tunggal putra India Kidambi Srikanth, yang meraih tiket ke babak empat besar dengan mengalahkan rekan senegara Anthony, Jonatan Christie. Srikanth menang straight games 21-13, 21-19. "Untuk menghadapi pertandingan semifinal, semoga saya bisa bermain lebih baik lagi dibanding hari ini. Selain itu saya juga berusaha untuk menikmati permainan saja," ujar Anthony.

Sementara, Gregoria mengaku diliputi rasa tegang serta kurang leluasa dalam menerapkan pola permainan, kala memulai laga di perempat final melawan Bansod. Namun, ketika gim pertama dapat dikuasainya dengan baik, kepercayaan diri atlet kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, ini, kian meningkat pada gim berikutnya. "Juga, tadi beberapa kali saya diuntungkan karena lawan dapat fault service dari service judge," tuturnya.

"Selain itu, tadi di gim kedua saya bisa menang lebih mudah, karena sudah tahu mau bermain seperti apa. Strateginya sudah benar untuk mengalahkan lawan," Greogira, menambahkan.

"Puji Tuhan, bersyukur bisa maju ke semifinal, karena hasil di dua turnamen sebelumnya di Denmark dan Prancis, bisa dibilang sangat buruk. Tetapi saya tidak mau puas sampai di sini. Di semifinal saya akan coba tampil lebih maksimal lagi," jelas Gregoria, yang akan bersua dengan wakil China Han Yue di babak empat besar.

Gregoria dan Han masing-masing berbagi satu kemenangan dalam rekor pertemuan mereka.

Selain Anthony dan Gregoria, Indonesia juga menempatkan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di semifinal. Berikut susunan pertandingan para wakil "Merah Putih" di babak empat besar Hylo Open 2022, Sabtu (5/11):

Lapangan 1
Anthony Sinisuka Ginting (5)
vs. Kidambi Srikanth (India)

Lapangan 2
Han Yue (China) vs. Gregoria Mariska Tunjung
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
vs. Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis/2)