BATC 2024 - Ribka: Kami Siap Tampil Maksimal

Skuad ganda putri Indonesia pada BATC 2024 (Humas PP PBSI)
Skuad ganda putri Indonesia pada BATC 2024 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Pemain ganda putri yang juga kapten tim putri Indonesia, Ribka Sugiarto, menyatakan siap diturunkan bersama pasangannya, Lanny Tria Mayasari, melawan Hong Kong, pada laga fase grup Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024. Ia juga menegaskan akan tampil habis-habisan pada laga terakhir penyisihan Grup X tersebut.

"Kami siap tampil maksimal. Berbekal kekompakan tim, kami ingin mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Kami akan tampil penuh semangat dan bermain nothing to lose. Semua pemain yang bakal diturunkan juga siap bertanding," tutur Ribka melalui siaran pers Humas PP PBSI, Rabu (14/2).

Laga penentuan juara Grup X antara Indonesia dan Hong Kong digelar di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Kamis (15/2), pada pukul 09.00 waktu setempat. Pada laga sebelumnya, Selasa (13/2), Indonesia menang 5-0 atas Kazakhstan. Hasil serupa juga didapat Hong Kong atas Kazakhstan pada Rabu (14/2) pagi.

Menurut pelatih ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Prasetyo Restu Basuki, selain Ribka/Lanny, pasangan yang lain, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari, juga siap jika dipercaya berlaga. "Ketiga pasangan yang kami bawa, semuanya siap tempur. Karena ini pertandingan penentuan, yang kami turunkan adalah ganda yang terbaik," ungkapnya.

Baik Ana maupun Tiwi, sapaan akrab Febriana dan Pratiwi, mengaku siap seandainya dimainkan melawan Hong Kong. Mereka menyebut sudah tidak sabar berlaga. Apalagi, saat menjamu Kazakhstan, mereka disimpan. "Saya tentu siap tempur. Ini kesempatan pertama turun bermain dan tentu ingin bermain maksimal. Saya juga ingin menyumbangkan angka kemenangan," ujar Ana.

"Seperti Ana, saya juga akan tampil habis-habisan untuk menyumbangkan angka bagi tim Indonesia," Tiwi, menegaskan.

Sebagai bagian dari persiapan menghadapi Hong Kong, pada Rabu (14/2) siang tim putri Indonesia memanfaatkan dengan berlatih. Selama dua jam Putri Kusuma Wardani dan kawan-kawan, mempersiapkan diri dengan optimal di Setia Badminton Academy, Setia Alam, Selangor, Malaysia.