(Badminton Asia Team Championships) Raih Hattrick, Tim Putra 4 Tahun Rajai Asia

Tim putra Indonesia raih Hattrick di ajang Badminton Asia Team Championships 2020.
Tim putra Indonesia raih Hattrick di ajang Badminton Asia Team Championships 2020. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim putra Indonesia kembali mendulang sukses di ajang Badminton Asia Team Championships 2020 dengan meraih Hattrick dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya, gelar yang sama ditorehkan pada 2016 di Hyderabad, India dan di Alor Setar, Malaysia 2018 lalu. Pada partai final yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2), Kevin Sanjaya Sukamuljo cs kembali merajai Asia berkat kemenangan 3-1 atas Malaysia.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti mengapresiasi pencapaian manis yang diperlihatkan patriot Merah Putih. Menurutnya, semua pemain beserta tim pelatih punya keyakinan yang besar untuk kembali mengangkat piala Badminton Asia Team Championships 2020.

“Luar biasa, hari ini semua lebih siap dibanding kemarin di semifinal. Hari ini lebih yakin karena di SEA Games 2019 kan menang juga dari Malaysia. Saya lihat pelatih dan pemain keyakinannya lebih besar. Perjuangan mereka luar biasa, sudah menunjukkan yang terbaik, kata Susy Susanti.

Tiga poin kemenangan untuk tim putra Indonesia dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan kombinasi dadakan Mohammad Ahsan/Fajar Alfian. Sayangnya, Jonatan Christie yang turun di partai ketiga belum berhasil menyumbangkan poin untuk tim usai menelan kekalahan 16-21, 21-17 dan 22-24 dari Cheam June Wei.

Di partai pembuka, Anthony menang 22-20 dan 21-16 atas Lee Zii Jia. Kemudian, The Minions berhasil menggandakan keunggulan tim putra Indonesia lewat kemenangan 22-20 dan 21-16 atas atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Di partai keempat, Ahsan/Fajar menjadi penentu kemenangan usai mengandaskan perlawanan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-18 dan 21-17.

“Jonatan sudah berusaha, tapi di akhir dia kurang beruntung. Seharusnya kita bisa menang 3-0. Untuk tim tunggal harus lebih mempersiapkan diri lagi, masih belum konsisten. Anthony (Sinisuka Ginting) tampil baik, tapi Jonatan dan Shesar (Hiren Rhustavito) masih belum stabil, tandasnya.