BAC 2024 - Jojo Harapan Terakhir Indonesia

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Harapan Indonesia untuk menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) 2024 tertumpu pada tunggal putra Jonatan Christie. Tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, lalu tunggal putri Gregoria Mariska, serta ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tersisih di babak delapan besar.

Jojo, sapaannya, melaju ke semifinal BAC 2024 setelah menghentikan perlawanan wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Berlaga di Ningbo Olympic Sports Center Gymnasium, Ningbo, China, Jumat (11/4), juara All England 2024 itu menang straight games 21-11, 21-6 dalam tempo 34 menit.

Di babak empat besar, Jojo akan menantang wakil tuan rumah, Shi Yu Qi. Pertarungan antara unggulan ketiga dan teratas ini tercatat sebagai pertemuan ke-13 mereka. Jojo unggul satu kemenangan atas Shi. "Lawan Shi Yu Qi di semifinal besok pasti tidak akan gampang. Bermain di kandangnya yang didukung penonton yang banyak, pasti membuat pertandingan akan berjalan tidak mudah," tanggap Jojo kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Saya berharap besok bisa tampil terbaik, sekaligus ingin mempertunjukkan yang terbaik kepada penonton," tambahnya.

Sementara, kekalahan dari para wakil tuan rumah dialami oleh tiga wakil "Merah Putih" lainnya di babak delapan besar. Gregoria kalah dari Chen Yu Fei dengan skor 16-21, 19-21. Lalu, Fajar/Rian kalah rubber game 19-21, 21-12, 17-21 dari unggulan ketiga Liang Wei Keng/Wang Chang.

Nasib serupa juga dialami juara bertahan Anthony, yang kalah dari unggulan kelima Li Shi Feng melalui dua gim langsung 21-9, 21-10. "Tetap mengucapkan rasa syukur, meskipun hasil pertandingan dan performa saya di lapangan masih jauh dari harapan. Hasilnya kurang memuaskan buat saya. Tak hanya saya, pelatih, dan semua orang pasti tidak puas dengan penampilan saya hari ini," jelasnya.