(Asian Games 2018) Bungkus 2 Emas

Para peraih medali ganda putri, melakukan wefie di atas podium juara.
Para peraih medali ganda putri, melakukan wefie di atas podium juara. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiongkok berhasil membawa pulang dua medali emas dari cabang olahraga bulutangkis perorangan Asian Games 2018. Sumbangan dua emas untuk kontingen Tiongkok dipersembahkan pasangan ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Chen/Jia keluar sebagai juara ganda putri setelah mengalahkan pasangan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dengan skor 22-20 dan 22-20. Sementara Zheng/Huang, dengan mudahnya mencuri kemenangan dari pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 21-8 dan 21-15.

Pada partai final ganda putri yang berdurasi 70 menit itu, Chen/Jia berhasil mengatasi perlawanan sengit Misaki/Ayaka. Selain menjuarai pertandingan, Chen/Jia lantas memperpanjang rekor catatan kemenangan atas pasangan ganda putri terbaik nomor dua dunia itu.

Sementara itu, bagi pasangan ganda putri Jepang ini, finis sebagai runner up atau raihan medali perak menjadi raihan pengulangan pada Asian Games 2014 lalu di Incheon, Korea. Sedangkan medali perunggu berhasil diraih pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Sebelumnya, Tiongkok sudah menyumbang satu medali emas di nomor beregu putra. Medali emas disumbang Shi Yuqi cs setelah menang 3-1 atas tim beregu putra Indonesia.

Dengan demikian, sumbangan dua emas yang dipersembahkan Chen/Jia dan Zheng/Huang semakin memperkokoh posisi kontingen Tiongkok di puncak klasemen perolehan sementara medali Asian Games 2018 dengan raihan 86 emas, 62 perak dan 43 perunggu.