All England 2022 - Empat Ganda Putra Indonesia Capai Babak Delapan Besar

Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Humas PP PBSI)
Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim Indonesia mengamankan separuh undian babak perempat final lewat keberhasilan empat ganda putra melalui babak 16 besar All England 2022 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Kamis malam (17/3) waktu setempat. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando meraih tiket perempat final perdana mereka di All England.

Pasangan peringkat satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melaju ke perempat final setelah mengalahkan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Saito lewat rubber game 15-21 21-18 21-18.

Usaha pasangan berjuluk "Minions" untuk melewati babak kedua tidaklah mudah. Dalam pertandingan berdurasi 68 menit, Kevin/Marcus harus berjuang keras mengalahkan ganda putra peringkat ke-22 asal Jepang itu.

Bahkan di tengah pertandingan, Marcus sempat meminta tim medis untuk memeriksa kondisi pergelangan kakinya. "Hari ini lawan bermain sangat bagus dan tidak mudah mati. Beruntung kami bisa menang. Tadi agak sakit ankle-nya, lumayan ganggu tapi saya coba paksa saja," tutur Marcus, seperti dilaporkan Antara.

Keberhasilan "Minions" juga disusul ganda putra peringkat dua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang mengalahkan Liu Cheng/Zhang Nan. Ahsan/Hendra, yang akrab dijuluki "The Daddies", unggul dalam laga rubber game 19-21 21-17 21-14 atas pasangan asal China tersebut.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando juga ikut menyumbang kemenangan. Dua pasangan pelapis tersebut meraih tiket perempat final perdana mereka di All England.

Bagas/Fikri yang tampil bersamaan dengan Minions di pertandingan sesi pertama, mengalahkan ganda putra asal Malaysia, Teo Ee Yi/Ong Yew Sin, dalam pertemuan perdana dengan skor 24-22 13-21 21-17.

Setelah mengandaskan pasangan peringkat ke-11, selanjutnya Bagas/Fikri akan menghadapi lawan berat Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang yang sedang berada dalam performa puncak.

Kemudian, Daniel/Leo juga tak ingin ketinggalan mengikuti jejak rekan dan senior sepelatnas mereka dengan menyingkirkan Liu Yu Chen/Zhou Hao Dong. Kemenangan Daniel/Leo juga harus melalui rubber game seperti ketiga ganda putra Indonesia lainnya. Kali ini, pasangan peringkat ke-29 tersebut mengamankan skor 20-22 24-22 21-16 setelah berjuang 67 menit.

Berikut jadwal pertandingan perempat final ganda putra Indonesia di All England 2022, Jumat (18/3):

  • Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty
  • Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs. Kim Astrupp/Anders Skarup Rasmussen
  • Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi
  • Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando vs. He Ji Ting/Tan Qiang