All England 2024 - Ginting Singkirkan Axelsen

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting untuk kali pertama dalam empat tahun terakhir berhasil mengalahkan pebulu tangkis nomor satu dunia Viktor Axelsen, Jumat (15/3). Dalam pertandingan di babak delapan besar All England 2024 yang berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Birmingham, Inggris, tunggal putra Indonesia itu menang rubber game 8-21, 21-18, 21-19 dalam tempo 69 menit.

"Pastinya mengucap syukur bisa bermain dengan baik hari ini, memang salah satu pertandingan yang ketat dari awal sampai selesai," tanggap Anthony melalui keterangan pers Humas dan Media PP PBSI, Sabtu (16/3) dini hari WIB.

"Meskipun sempat tertinggal, sempat unggul tapi kembali disamakan, lawan juga punya kualitas yang luar biasa jadi kejar-kejaran sampai akhir," tambahnya.

Lebih lanjut Anthony menjelaskan, di gim pembuka ia telah berupaya menjalankan strategi yang disiapkan sebelum memasuki arena pertandingan. Namun, pemain asal Cimahi, Jawa Barat, ini, merasa kurang sabar dan kurang teliti dalam meladeni pemain jangkung asal Denmark tersebut. "Tapi Puji Tuhan bisa memperbaikinya di gim kedua dan ketiga. Di gim kedua tetap bermain dengan pola saya tapi ditambah dengan sabar," ungkapnya.

Sementara di gim penentu, Anthony dapat menyusul dalam perolehan poin setelah ia tertinggal 12-18, menurutnya, lantaran Axelsen acap melakukan kesalahan sendiri.

Di pengujung gim ketiga, terjadi sebuah pertarungan alot saat kedudukan 19-18. Anthony berhasil merebut match point melalui sebuah pukulan tipis di depan net. Namun, Axelsen melancarkan protes karena ia menilai kok belum menyeberang net, tetapi sudah disambar terlebih dahulu oleh Anthony.

"Saya tidak merasa ada touch apa-apa, lagi pula sudah keputusan wasit dan saya tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini saya sampaikan juga ke dia setelah pertandingan. Mungkin kalau saya di posisi dia juga akan sama reaksinya. Mungkin itu salah satu momen keberuntungan saya juga hari ini," jelas Anthony, yang mencatatkan kemenangannya yang kelima atas Axelsen dari 18 pertemuan atau kemenangan pertamanya sejak Indonesia Masters 2020.

Di semifinal, Sabtu (16/3), ia akan berhadapan dengan wakil Prancis, Christo Popov. Dalam catatan head-to-head, kedua pemain masing-masing telah mengantongi satu kemenangan dalam dua pertemuan. "Di semifinal peluang menang akan sama baik, saya maupun Christo. Yang terpenting sekarang adalah memfokuskan diri untuk recovery dan diskusi evaluasi dengan pelatih. Lalu coba lagi yang terbaik besok," pungkasnya.